SMPN 15 Tegal Sabet Penghargaan Adiwiyata Nasional

Selasa, 19 Des 2023, 10:46:36 WIB - 193 View
Share
SMPN 15 Tegal Sabet Penghargaan Adiwiyata Nasional

Selasa, 17 Oktober 2023, SMP Negeri 15 Tegal memeroleh penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Penghargaan yang diwakili oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Tegal tersebut diberikan langsung oleh Menteri LHK Siti Nurbaya diserahkan pada pertengahan Oktober 2023 lalu di Auditorium Manggala Wanabakti Jakarta. Pada tahun 2023 ini SMP Negeri 15 Tegal merupakan satu-satunya sekolah tingkat SMP di kota Tegal yang menerima penghargaan Adiwiyata Nasional dari 417 sekolah seluruh Indonesia. Penghargaan Adiwiyata Nasional tersebut diserahkan ulang oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal M. Ismail Fahmi., S.IP., M.Si dalam acara Apel Pagi di Kantor lingkungan Pendopo Ki Gede Sebayu No. 1  Tegal, Senin (30/10/2023).

Kepala Sekolah SMPN 15 Tegal, Dra.Siti Fitriah, M.Pd, mengatakan pencapaian itu memerlukan proses panjang. Kami dorong gerakan peduli berbudaya lingkungan hidup sekolah [PBLHS]. Selain itu juga melakukan menggerakan 3R yakni reduce, reuse, rycecle dengan mengurangi, menggunakan kembali, serta mendaur ulang sampah.. Semua kegiatan dikaitkan dengan pembelajaran pembentukan karakter warga sekolah. Hal itu dilakukan dengan menonjolkan kebersihan, cinta lingkungan, penghijauan, dan gaya hidup sehat dan bersih seluruh warga sekolah.

Sekolah ini juga sudah mempunyai kegiatan penanganan sampah yang hasilnya berupa pupuk kompos. Pupuk organik ini digunakan untuk menyuburkan tanaman di sekolah. Sementara sampah anorganik dimanfaatkan menjadi barang-barang berharga, seperti tas, topi, atau pot bunga.

Yang tak kalah menarik Gerakan Donasi Sampah Plastik (botol/cup) yang telah dicanangkan Kepala Sekolah pada Senin (20/11/2023) yang lalu dan mendapat tanggapan yang positif dari semua warga sekolah, bahwa GDSP bertujuan mengurangi sampah plastik di sekolah dan dimanfaatkan untuk membantu peserta didik yang kurang mampu.

SMP Negeri 15 Tegal Adiwiyata dinilai telah berhasil menerapkan praktik-praktik baik dan perilaku ramah lingkungan hidup di sekolah dan sekitar sekolah serta  melaksanakan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS). Sehingga Hal ini akan berdampak terhadap peningkatan kualitas lingkungan hidup di sekolah yang baik dan sehat. Atas keberhasilan tersebut membuat seluruh warga sekolah bangga dan berkomitmen agar menjadi lebih baik lagi.

spenlibel SMP Negeri 15 adalah salah satu satuan pendidikan dengan jenjang SMP yang terletak di Jalan Sumbodro No. 60 Kota Tegal.
© 2024 UPTD SPF SMP Negeri 15 Tegal Follow SMP N 15 Tegal : Facebook Twitter Instagram Youtube