HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL

Jumat, 23 Feb 2024, 09:27:50 WIB - 218 View
Share
HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL

Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) dilaksanakan pada hari ini, Rabu, 21 Februari 2024 di Balai Kota Tegal. Tema yang diusung tahun ini yaitu "Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif".

Peringatan HPSN tahun 2024 ini akan memfokuskan persiapan Indonesia dalam menghadapi ILBI (International Legally Binding Instrument) on plastic pollution untuk mewujudkan penyelesaian polusi plastik di Indonesia.

Selain itu peringatan HPSN 2024 juga ditujukan untuk memenuhi target nasional dalam penurunan emisi gas rumah kaca dari sektor limbah dan sampah. Hal ini sebagai usaha bersama untuk memperkuat posisi sektor pengelolaan sampah sebagai pendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia sebagai manifestasi prinsip pengelolaan sampah berkelanjutan yang memaduserasikan antara ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup. Sehingga diharapkan kita dapat mengatasi polusi plastik dengan cara produktif.

Persoalan sampah plastik masih menjadi kendala di Kota Tegal.  

Pencemaran sampah plastik saat ini telah menjadi isu global karena sifatnya yang transnasional dan lintas batas.

Sebagai sekolah yang menyandang predikat Sekolah Adiwiyata  Nasional, dalam kegiatan 
Hari Peduli Sampah Nasional 2024, SMP 15 Kota Tegal berpartisipasi  dalam kegiatan yang dilaksanakan Dinas Lingkungan Hidup Kota Tegal.

Berbagai kegiatan dilaksanakan dalam rangka kampanye pengurangan sampah plastik dan pengelolaan lingkungan. 

Kegiatan yang dilakukan antara lain tukar botol plastik  dengan tanaman buah, upacara peringatan HPSN 2024, pameran barang-barang recycle, dan berbagai kegiatan lain yang bertempat di Depan Pintu Gerbang Balai Kota Tegal.

Selain itu, SMPN 15 Tegal juga memperoleh penghargaan dari Wali Kota Tegal terkait dengan komitmennya untuk menjaga dan melestarikan lingkungan.

spenlibel SMP Negeri 15 adalah salah satu satuan pendidikan dengan jenjang SMP yang terletak di Jalan Sumbodro No. 60 Kota Tegal.
© 2024 UPTD SPF SMP Negeri 15 Tegal Follow SMP N 15 Tegal : Facebook Twitter Instagram Youtube